Crowdsourcing
adalah proses mendapatkan pekerjaan atau dana, biasanya online, dari kerumunan
orang. Kata adalah kombinasi dari kata-kata 'kerumunan' dan 'outsourcing sumber
daya manusia. Idenya adalah untuk mengambil pekerjaan dan outsource ke
kerumunan pekerja.
Contoh
yang terkenal: Wikipedia. Daripada Wikipedia menciptakan sebuah ensiklopedia
sendiri, menyewa penulis dan editor, mereka memberi kerumunan kemampuan untuk
membuat informasi mereka sendiri. Hasilnya? Ensiklopedia paling komprehensif di
dunia ini yang pernah ada.
Crowdsourcing
& Kualitas: Prinsip crowdsourcing adalah bahwa lebih banyak kepala lebih
baik dari satu. Dengan canvassing kerumunan besar orang untuk ide-ide,
keterampilan, atau partisipasi, kualitas konten dan generasi ide akan unggul.
Berbagai
Jenis Crowdsourcing
Crowdsource
Desain
Jika
Anda sedang mencari desain logo, Anda dapat memberitahu kerumunan desainer apa
yang Anda inginkan, berapa banyak Anda akan membayar, dan tenggat waktu Anda. Semua
desainer tertarik akan membuat desain selesai khusus untuk Anda. Anda akan
menerima 50-300 + berbeda desain logo selesai, dan Anda dapat menyimpan mana
desain yang Anda sukai. Dengan melakukan desain cara ini, crowdsourcing
sebenarnya meningkatkan kualitas & menurunkan harga, dibandingkan dengan lepas
online.
Crowdsourcing juga dapat digunakan untuk mendapatkan desain
untuk furniture, fashion, iklan, video, & desain produk. Apa saja yang
dapat dirancang dapat crowdsourced.
Crowdfunding
Crowdfunding melibatkan meminta kerumunan orang
untuk menyumbangkan uang untuk proyek Anda. Misalnya, jika Anda ingin
meningkatkan $ 10.000 untuk membayar waktu studio untuk merekam CD baru,
crowdfunding dapat membantu Anda mengumpulkan uang itu .. Anda menemukan
platform crowdfunding, menetapkan jumlah tujuan, batas waktu, dan setiap
penghargaan yang ditawarkan kepada para donor. Anda harus meningkatkan 100%
dari tujuan Anda sebelum batas waktu, atau semua sumbangan dikembalikan ke
donor. Tenggat waktu biasanya kurang dari 60 hari.
Crowdfunding
banyak digunakan oleh seniman, amal, & start-up untuk mengumpulkan uang
untuk proyek-proyek seperti film dokumenter, pembuatan sebuah jam
tangan iPod , penelitian kanker, atau uang bibit. Baca lebih lanjut tentang crowdfunding atau menelusuri situs crowdfunding .
Microtasks
Microtasking
melibatkan melanggar pekerjaan menjadi tugas-tugas kecil dan mengirim pekerjaan
ke kerumunan orang. Jika Anda memiliki 1.000 foto di situs web Anda yang
membutuhkan keterangan, Anda dapat meminta 1.000 orang masing-masing individu
untuk menambahkan keterangan untuk satu foto. Break up pekerjaan dan memutuskan
pembayaran untuk setiap tugas selesai (biasanya 01 ¢ - .10 ¢ per tugas). Dengan
microtasking, Anda dapat mengharapkan untuk melihat hasil dalam beberapa menit.
Microtasking dapat melibatkan tugas-tugas seperti gambar scanning,
proofreading, koreksi database dan menyalin file audio.
Pekerjaan
dilakukan lebih cepat, lebih murah, dan biasanya dengan kesalahan kurang
(ketika sistem validasi berada di tempat). Selain itu, microtasks sering dilakukan
oleh orang-orang di negara-negara yang kurang beruntung, termasuk mereka dengan
kemampuan SMS tapi tanpa komputer . Baca lebih
lanjut tentang microtasks atau browsing situs microtasks .
Inovasi Terbuka
Jika
Anda tidak yakin di mana untuk memulai dengan sebuah ide untuk peluang bisnis,
apakah itu desain produk atau mungkin sebuah perusahaan pemasaran,
crowdsourcing dapat membantu melalui inovasi terbuka. Inovasi terbuka memungkinkan
orang dari semua aspek bisnis seperti investor, desainer, penemu, dan pemasar
untuk berkolaborasi menjadi keuntungan membuat realitas fungsional. Hal ini
dapat dilakukan baik melalui platform web yang didedikasikan untuk mendapatkan
perspektif luar, atau digunakan dengan hanya karyawan internal.
Inovasi
terbuka menyatukan orang dari berbagai belahan dunia dan berbagai sektor bisnis
untuk bekerja sama dalam sebuah proyek. Ini secara efektif koleksi berbagai
bidang dan tingkat keahlian yang tidak akan dinyatakan akan tersedia untuk
setiap pengusaha pemula. Hal ini juga mengangkat pihak yang tidak terlibat
dipertimbangkan sebelumnya, seperti investor, untuk menyingsingkan lengan baju
mereka dan memberikan pengetahuan mereka, pada dasarnya menjadi lebih dari
sekedar sapi kas.
Pro & Kontra
Manfaat
terbesar Crowdsourcing adalah kemampuan untuk menerima hasil kualitas yang
lebih baik, karena beberapa orang yang menawarkan ide-ide terbaik mereka,
keterampilan, dan dukungan. Crowdsourcing memungkinkan Anda untuk memilih hasil
terbaik dari lautan 'entri terbaik, "sebagai lawan untuk menerima entri
terbaik dari penyedia tunggal. Hasil dapat disampaikan lebih cepat daripada
metode tradisional, karena crowdsourcing adalah bentuk lepas. Anda bisa
mendapatkan video selesai dalam waktu satu bulan, desain selesai atau ide dalam
waktu seminggu, dan microtasks muncul dalam beberapa menit.
Instruksi
yang jelas sangat penting dalam crowdsourcing. Anda berpotensi dapat mencari
melalui ribuan ide-ide yang mungkin, yang bisa telaten, atau bahkan rumit, jika
petunjuk tidak jelas dipahami. Beberapa bentuk crowdsourcing yang melibatkan
pekerjaan spec, yang beberapa orang yang menentang. Kualitas bisa sulit untuk
menilai apakah harapan yang tepat tidak jelas dinyatakan.
No comments:
Post a Comment