Sebagai awal mencari pekerjaan pada
suatu perusahaan yang menyediakan lowongan kerja kita biasanya dimulai
dengan membuat surat lamaran kerja. Misalnya perusahaan umum, Bank,
CPNS, bahkan seorang perawat pun tetap juga memerlukan sebuah cv lamaran kerja.
Memang tidaklah sulit untuk membuatnya tetapi akan membutuhkan waktu
untuk menyusun rangkaian kalimat sehingga membentuk sebuah surat lamaran kerja
yang baik dan benar agar kesan pertama dari surat lamaran kerja terhadap anda
menjadikan peluang untuk diterima semakin terbuka.
Kesan pertama dari sebuah surat
lamaran kerja tentu akan sangat menentukan langkah selanjutnya dari hal
melamar kerja anda, bayangkan saja jika surat lamaran yang anda buat tidaklah
baik, kalimatnya tidak rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, saya kira
pihak HRD perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja anda tanpa
membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran anda. Inilah yang harus kita
hindarkan bukan ?
Untuk itulah saya akan memberikan tips
kepada anda cara membuat cv surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja
untuk dapat anda tiru agar bisa anda pergunakan untuk melamar kerja
Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar
1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.
2. Tulislah dengan
kalimat yang sopan
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.
3. Usahakan menulis
manual dengan rapi
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.
4. Siapkan dan
lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda
No comments:
Post a Comment